Rabu, 26 Februari 2014

rangkuman materi kewirausahaan kelas XII

Tujuan dan manfaat analisis data bagi setiap seorang wirausaha dalam menjalankan dan mengelola sebuah usaha adalah sebagai berikut.

A.     Memperoleh data yang lebih akurat untuk diberikan kepada bagian yang membutuhkan ,seperti keuangan ,produksi dan pemasaran
B.    Mengetahui suatu kecenderungan (tren) dimasa datang
C.   Meminimalkan risiko kegagalan dari sebuah keputusan strategis yang akan diambil
D.   Mengetahui kondisi dan kinerja usahanya
E.    Mengetahui kecenderungan permintaan pasar terhadap produknya dengan riset dan survei lapangan.
1.    Jenis data dalam pengambilan keputusan
Jenis data yang dibtuhkan wirausaha untuk dianalisis adalah sebagai berikut
A.    Data produk yang tidak lolos uji kualitas (defect product).Data ini dibutuhkan untuk mengetahui seberapa pasar persentase produk gagal dari total produk yang diproduksi.
B.    Data piutang yang tidak terbayar oleh pelanggan atau kredit macet yang pembayaranya melebihi syarat pembayaran (trem of payment)yang telah ditentukan.
C.   Data yang mengenai tingkat permintaan kebutuhan produk,baik yang ada dipasar,ataupun yang belum ada dipasar .Data ini dibutuhkan dalam rangka peluncuran produk baru .
D.   Tingkat kepuasan pelanggan akan suatu produk dan tingkat keluhan pelanggan terhadap pelayanan pe3rusahaan.
E.    Jumlah penjualan yang akan dijadikan prediksi penjualan yang akan datang (sales forecast),berdasarkan data penjualan tahun ini dan data penjualan periode sebelumnya.
F.    Catatan dari laporan keuangan seperti laporan laba rugi ,neraca dan laporan arus kas (cashflow)
G.   Data tentang informasi yang dibutuhkan dalam pengambilan keputusan investasi seperti anilisis pulang pokok (break even analysis),dan tingkat pengembalian investasi (pay back period)
2.    Banyak sumber yang dapat diambil datanya untuk dianalis dan dihitung kecenderungan nya.Sumber-sumber yang perlu diketahui dan dimanfaatkan oleh wirausaha adlah sebagai berikut.
a.    Sumber data langsung dari lapangan melalui riset dan survei .
b.    Sumber data yang berasal dari media massa,seperti koran,majlah,dan tabloid
c.    Sumber data yang berasal dari pemerintah seperti badan pusat statistik(BPS) Dan Bappenas
d.    Sumber dari data internet perusahaan.
3.    Analisis data dengan menggunakan pendekatan statistika
Ada banyak metode dalam pengambilan keputusan dengan menggunakan data antara lain perhitungan statistika melalui analisis persamaan regresi dan korelasi.
a.    Regresi linear sederhana                  
Merupakan persamaan matematika yang memungkinkan peramalan nilai suatu variable tak bebas (depent variable)dari nilai variable bebas (y).
untuk persamaan  umum regresi linear sederhana adalah sebagai berikut.
Y= a + bX
Dimana:
Y= variabel tak bebas (dependent ) / yang dipengaruhi
X= variabel bebas
a = konstanta
b = kemiringan
nilai a dihitung dengan menggunakan rumus berikut
         
sedangkan koefisien kemiringan/slope (b) dihitung dengan menggunakan  rumus berikut)
                
b.    Korelasi linear sederhana
Adalah analisis yang digunakan untuk mengukur derajat keeratan hubungan antara dua variabel (X dan Y). Bilangan yang mengukur kekuatan hubungan antara dua variabel  disebut dengan koefisien kolerasi (r). Koefisien korelasi memiliki nilai antara -1 sampai 1. Nilai (r) yng positif (+) ditandai  oleh nilai yang positif (+), dan sebaliknya nilai yang negatif (-) ditandai oleh nilai yang negatif (-).

      
1. Faktor penggerak perubahan
a.    Perubahan yang  didorong oleh faktor ekonomi, misalnya:
1)    Tingkat pendapatan
2)    Pertumbuhan penduduk
3)    Perubahan kurs mata uang terhadap mata uang asing,
4)    Krisis ekonomi dan moneter
5)    Perubahan kebijakan pemerintah
b.    Perubahan yang didorong oleh faktor pasar, misalnya:
1)    Perubahan pola persaingan
2)    Perubahan gaya hidup dan perilaku pelanggan
3)    Perubahan karena pesaing melakukan inovasi dan menemukan produk baru (invention)
4)    Muncul pesaing baru dengan jaringan yang kuat dan terkenal (invincible competition)sehingga mengubah peta persaingan dipasar(driver of competition change)
5)    Perubahan yang dimotori oleh persaingan yang memasuki bisnis secara serentak karena ketertarikan pertumbuhan pasar,seperti faktor :
a.    Mudah membuat nya,sehingga menyebabkan harga sangat kompetitif
b.    Mudah menjualnya sehingga usaha tidak memberikan keuntungan lagi
c.    Mudah membangun bisnis tersebut
d.    Mudah mendapatkan bahan baku
e.    Modal yang tidak terlalu besar
f.     Dorongan dari pemerintah untuk membangun sektor bisnis ini:dan
g.    Usaha besar melakukan waralaba (franchise),sehingga usaha cepat menjamur
c.     Perubahan yang digerakkan oleh faktor perkembangan teknologi
Contoh perubahan karena perkembangan teknologi adalah telepon.
d.    Perubahan yang dipengaruhi oleh iklim dan  cuaca
Perubahan iklim dan cuaca akan sangat berpengaruh pada industri pertanian ,perkebunan dsb
2.  Pengaruh perubahan terhadap strategi menjalankan usaha
Seorang wirausaha yang cerdasharus memperhatikan dampak perubahan yang sedang dan mungkin akan terjadi terhadap kelangsungan usahanya.Oleh karena itu diperlukan perubahan strategi untuk disesuaikan dengan keadaan pesaing ,permintaan,perilaku pembeli ,dll.Perubahan yang terjadi akan berdampak pada penerapan rencana dan strategi usaha.Perubahan ini memiliki 4 konsekuensi ,yaitu:
a.    Perubahan akan menciptakan peluang atau kesempatan (opportunity)
Perubahan dapat menghasilkan peluang bila anda memiliki intuisi,naluri dan hasrat untuk menemukannya.
b.    Perubahan akan menciptakan ancaman (threat)
Ancaman yang timbul misalnya berkaitan dengan harga.Harga jual produk cina biasanya lebih rendah bila dibandingkan dengan produk eroa,jepang ,korea bahkan dari produk indonesia.
c.    Perubahan dapat memperlemah daya saing dan kondisi perusahaan (weak)
Perubahan –perubahan yang dapat melemahkan posisi persaingan perusahaan ,antara lain:
1.    Adanya peraturan baru mengenai penguran kadar nikotin bagi industri rokok kretek.
2.    Adanya peraturan yang mengharuskan perusahaan memiliki minimal satu kendaraan atas nama perusahaan ,dan uji emisi untuk perusahaan transportasi yang kondisi kendaraan nya sudah tidak terlalu produktif.
3.    Adanya peraturan mengenai pengurangan kadar pengeras tahu yang diterapkan untuk perusahaan produsen tahu diindonesia.
d.    Perubahan dapat memperkuat kondisi, daya saing dan strategi (strenght)
Perubahan seperti ini akan menyebabkan posisi produk dan perusahaan dipasar semakin baik dan populer.
3.strategi pemetaan produk(product mapping)
Sebuah usaha dapat sukses karena dibangun melalui pemikiran skala industri ,dan dijalankan dengan jelas baik dari segi skala suatu perusahaan terlebih dahulu akan melakukan pemetaan posisi perubahan pasar ,khususnya terhadap pesaing yang paling potensial.
4 strategi pemetaan kualitas dan harga pasar untuk mengetahui posisi produk dipasar
Salah satu faktor penyebab kegagaln ketika usaha sudah mulai berjalan adalah  ketidaktahuan akan posisi kualitas dan harga produk di tingkatan pasar persaingannya.
5 mengetahui teori permintaan dan penawaran (supply and demand theory)
6 mengenal perilaku konsumen dalam menentukan stratgi pemasaran dan promosi
Pemasar perlu mempelajari  keinginan ,persepsi ,preferensi dan perilaku konsumen yang sebenarnya dalam membeli produk yang dibutuhkan nya.
a.    Faktor – faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen
1.faktor budaya dan target konsumen
2. kelas sosial
3. keluarga
4. usia dan tahap siklus hidup                               
5. jenis pekerjaan
6. gaya hidup
b. Proses keputusan pembelian
 5 peran yang dimainkan seorang dalam mengambil keputusan pembelian yaitu:
1.    Pencetus ide(initiator)
2.    Pembeli pengaruh (influencer)
3.    Pengambil keputusan (decider)
4.    Pembeli(buyer)
5.    Pemakai(user)
a.    Tahap pertama disebut tahap innovator
b.    Tahap kedua disebut tahapan early adopter
c.    Tahap ketiga disebut tahap tahap early majority(mayoritas awal)
d.    Tahap keempat disebut tahap late majority (mayoritas akhir)
e.    Tahap terakhir disebut latest user(pengguna akhir)
7.Daur hidup produk (produck life cycle/PLC)
sifat-sifat produk itu akan menentukan pertumbuhan produknya,yaitu:
a.    Sebuah produk mempunyai waktu terhadap yang terbatas karna konsumen dapat bosan dalam pemakaian / munculnya produk lain yang lebih inovatif.
b.    Produk selalu tumbuh dan berkembang sehingga melewati tahapan-tahapan yang berbeda  dalam waktu dan prosesnya.
c.    Pertumbuhan produk akan memberikan perbedaan jumlah laba atau kontribusi keuntungannya
d.    Pertumbuhan produk memengaruhi kinerja organisasi,kapasitas produksi ,keuangan,permodalan,arus kas,dan strategi penjualannya.
.Daur hidup produk terdiri dari 4 tahap yaitu:
a.    Tahap perkenalan (introduction)
b.     Tahap pertumbuhan (growth)
c.    Tahap mapan (mature)
d.    Tahap penurunan (decline)
Berdasarkan daur hidup produk,diharapkan wirausaha mulai berhati-hati dalam memulai dan mengelola usaha nya mengingat usaha dan produk juga mempunyai daur hidup .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar